Ketahuilah Cara Mendongkrak Mobil Dengan Benar Dan Aman

Ketahuilah Cara Mendongkrak Mobil Dengan Benar Dan Aman- Dongkrak adalah alat yang biasa digunakan untuk mendongkrak mobil dan menaikkan bagasi. Alat ini wajib oleh hukum pada setiap kendaraan yang Anda miliki. Kemampuan angkat dongkrak mobil dibatasi oleh kemampuan dongkrak itu sendiri.

Selain itu untuk berbagai cara mendongkrak mobil dengan benar baik secara mandiri ataupun perlu ke bengkel. Mulailah dengan memperbaiki mobil Anda, mencuci mobil atau memeriksa bagian bawah mobil. Banyak hal di jalan bisa menyebabkan ban pecah, seperti misalnya jalan yang rusak dan berlubang, serpihan benda tajam, paku dan yang lainnya.

Tidak hanya ban yang pecah, tetapi banyak mobil memiliki banyak lubang tajam di dinding yang merusak pelek. Untuk melakukan ini, Anda harus memahami cara menggunakan dongkrak yang benar dan cara mendongkrak kendaraan dengan benar.

Indonesia memiliki 3 jenis alat self-lifting dan masing-masingnya ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Ada yang disebut dongkrak botol, dongkrak buaya dan dongkrak gunting. Jadi bagaimana cara untuk mendongkrak mobil dengan benar tersebut?

Cara Jitu Mendongkrak Mobil Dengan Benar Dan Aman

Terdapat beberapa langkah dan metode yang perlu dilakukan sebagai cara mendongkrak mobil dengan benar. Ini tidak semudah yang Anda bayangkan, dan jika Anda tidak mengikuti prosedur, itu bisa menyebabkan kecelakaan. Jadi mari kita lihat langkah-langkah untuk meningkatkan mobil yang baik.

  1. Periksa status dongkrak mobil
TRENDING :   Inilah Daftar Harga Motor BMW 2021 Terbaru

Langkah pertama adalah persiapan, yaitu terlebih dahulu bukan hanya dongkrak yang Anda miliki, tetapi juga kunci pas yang Anda perlukan untuk mengoperasikan dongkrak. Sehingga bisa dengan mudah menggunakannya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk memeriksanya bisa dengan periksa kebocoran oli, kemudian komponen pendukung silinder yang hilang dan sebagainya. Jika masalah ini terdeteksi, alat tersebut harus diganti dan tidak bisa digunakan.

  1. Cari permukaan datar

Saat Anda mengangkat mobil, sebaiknya pilih permukaan datar tempat mobil itu berada. Jangan pernah terhubung pada garis miring karena tidak seimbang dan akan sangat berbahaya.

  1. Tumpuan untuk mendongkrak mobil

Tidak semua bagian bawah mobil bisa digunakan sebagai penyangga saat mengangkat mobil. Saat melakukan proses pengangkatan, perlu untuk memilih dukungan yang sesuai.

Selanjutnya mengenai cara mendongkrak mobil dengan benar adalah juga memperhatikan tumpuan. Dimana ada dua tumpuan yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk membuat pekerjaan mengangkat dengan tepat dan mudah.

– Fokus pada jack bodi monolitik, dengan struktur sasis monolitik berupa struktur sasis yang terintegrasi dengan bodi kendaraan.

Artinya, pada tipe ini tidak terdapat rangka besi, karena sistem suspensi dipasang pada bodi. Alas itu sendiri terletak di bawah pintu depan atau belakang dan dalam dua posisi di suspensi bawah lengan ayun.

TRENDING :   Rekomendasi Mobil Sport Terbaru 2021 Berharga Selangit

– Fokus pada konektor bodi sasis terpisah, dengan jenis bodywork ini yang banyak digunakan pada kendaraan besar dan kendaraan niaga.

Di bawah mobil terdapat garis besi horizontal yang berfungsi sebagai rangka untuk menempatkan sistem suspensi. Tempat teraman adalah menempatkan dongkrak di suatu tempat di bingkai itu sendiri.

Saat mengganti ban pada kendaraan yang bocor coba kendurkan semua baut pada ban pengganti sebelum menyalakan dongkrak. Ini memungkinkan ban mudah dilepas dari tempatnya. Dan akan lebih mudah untuk diganti sehingga bisa lebih cepat diselesaikan.

Saat mengangkat mobil, berhati-hatilah untuk tidak mengangkat terlalu banyak. 10 sampai 15 cm sudah cukup, tetapi jika terlalu tinggi akan sulit untuk diseimbangkan dan ban yang terlalu rendah akan rontok. Dan jangan lupa bahwa saat mengangkat mobil, semua penumpang diturunkan dari dongkrak.

Sekian ulasan mengenai cara mendongkrak mobil dengan benar dan aman yang mungkin bisa Anda gunakan. Semoga membantu dan menambah sedikit wawasan terkait hal tersebut, sehingga pada situasi darurat bisa menjadi solusi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *