Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama – Laptop merupakan salah satu perangkat sejenis komputer yang bersifat lebih fleksibel dan memiliki bentuk yang lebih simple. Di tengah pandemi virus covid 19 ini penggunaan laptop semakin sering dikarenakan aktivitas seperti pendidikan di sekolah dan pekerjaan di kantor dialihkan ke rumah.

Perangkat tersebut tentunya akan digunakan lebih sering lagi bahkan dalam durasi yang cukup lama. Bagian pertama yang akan mudah habis dan rusak tentu saja ialah baterai karena menjadi sumber power untuk menghidupkan perangkat ini. Jika baterai sudah mulai rusak otomatis kinerja laptop juga akan melambat bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Di tengah aktivitas penggunaan laptop yang cukup padat seperti saat ini Anda harus merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama. Kunci yang paling utama ialah pada saat pemakaian sehari-hari. Anda bisa melakukan beberapa tips khusus agar kondisi baterai tidak mudah melemah.

Segera Cabut Jika Pengisian Daya Sudah 100%

Setelah selesai menggunakan perangkat yang satu ini tentunya kondisi baterai akan berkurang bahkan habis. Berikutnya Anda pasti akan mengisi daya baterai hingga penuh. Dalam beberapa kondisi seringkali Anda menggunakannya sambil mengisi daya baterai. Hal yang harus anda perhatikan ialah pastikan mengisi daya hingga benar-benar penuh atau 100%.

Merawat baterai laptop bisa dengan cara tidak membiarkan perangkat ini di charger terlalu lama meskipun sudah sampai 100%. Jika kapasitas baterai yang sudah penuh dibiarkan teraliri listrik maka komponen yang ada di dalamnya akan mudah rusak sehingga baterai lama-kelamaan akan mudah bocor.

TRENDING :   Pengguna Yowhatsapp dan GB WhatsApp Terancam Malware dan Diblokir Permanen

Jangan Tunggu Sampai Mati Total

Di tengah aktivitas yang cukup padat untuk aktivitas daring seperti saat ini terkadang Anda sering lupa memperhatikan daya baterai. Penggunaan yang terlalu lama dan cukup berat tentu akan menguras energi atau daya baterai bahkan sampai habis. Sebisa mungkin Anda harus mengecek sesekali presentasi daya dari baterai yang masih tersisa.

Jangan tunggu sampai laptop mati total akibat daya baterai habis. Jika sudah mencapai 20% maka sebaiknya segera isi daya atau charger laptop agar baterai tidak terlalu habis sehingga membuat laptop mati. Jika sudah terjadi dan terlalu sering seperti itu baterai bisa mudah rusak. Hal ini bisa dilakukan untuk merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama.

Atur Pencahayaan Ke Rendah

Jika Anda menggunakan pencahayaan layar yang terlalu terang maka daya baterai akan lebih cepat terkuras. Atur brightness atau pencahayaan hingga ke angka 5 sehingga membuat tampilannya cukup nyaman terutama untuk digunakan di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur pencahayaan yang cukup rendah sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.

Pencahayaan yang diatur serendah mungkin sesuai kenyamanan bisa membuat baterai menjadi lebih awet dan juga menjaga kesehatan mata. Merawat baterai laptop dengan cara seperti ini juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan sehingga bisa beraktivitas lebih lama menggunakan laptop.

TRENDING :   2 Game Android Terbaru yang Wajib Segera Anda Miliki

Kurangi Fungsi Multitasking

Dalam beberapa kondisi Anda harus menggunakan laptop secara multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini tentunya membuat perangkat ini harus bekerja lebih keras daripada biasanya. Jika hal ini terlalu sering dilakukan maka baterai akan lebih cepat terkuras dan kualitasnya akan menurun sehingga lama-kelamaan akan mudah rusak.

Perhatikan Suhu

Laptop sering kali menjadi lebih panas setelah digunakan beraktivitas. Jika kondisinya masih panas maka Anda harus membiarkannya terlebih dahulu hingga dingin sebelum mengisi daya. Untuk merawat baterai laptop tunggu beberapa menit sehingga suhu panasnya sedikit berkurang sebelum di-charger agar komponen baterai tidak rusak dan kemampuan menyimpan daya tidak berkurang.

Gunakan Charger Original

Laptop tentunya akan dibekali dengan charger masing-masing untuk mengisi daya baterai. Masing-masing memiliki kecepatan arus daya yang berbeda serta memiliki kecepatan arus listrik yang stabil. Jika charger KW digunakan untuk mengisi daya baterai maka baterai bisa lebih cepat rusak dikarenakan arus listriknya menjadi tidak stabil.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat baterai ponsel agar tetap awet dan tahan lama. Hal tersebut perlu Anda lakukan terus-menerus dan tidak bisa dilakukan hanya satu kali saja. Dengan begitu kualitas dan daya tahannya bisa lebih terjaga dalam waktu yang lebih lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *