Daftar 5 Besar Pabrikan Smartphone Global di 2021

Firma riset pasar Counterpoint Research telah merilis laporan terbarunya yang mencantumkan 5 produsen ponsel teratas dunia untuk kuartal kedua tahun 2021.

Menurut laporan tersebut, pengiriman smartphone global selama periode ini mencapai 329 juta unit, naik 19 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Posisi tersebut bergeser ketika Apple yang berada di posisi kedua pada kuartal sebelumnya turun ke posisi ketiga, tepat di bawah Samsung sebagai market leader, kini digantikan oleh Xiaomi di posisi kedua.

Menurut Boris Metodiev, Director of Strategic Analytics, pertumbuhan yang dialami Xiaomi selalu didorong oleh tingginya permintaan ponsel Mi dan Redmi di banyak negara Eropa.

Menurut Harmit Singh Walia, Analis Senior di Counterpoint Research, pertumbuhan Xiaomi didorong oleh penjualan perangkat yang relatif kuat di segmen kelas bawah, menengah, dan unggulan, termasuk seri Redmi 9, Redmi Note 9, Redmi Note 10, dan Mi 11.

“Sejumlah wilayah, antara lain Eropa, Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Amerika Tengah, telah berkontribusi pada pertumbuhan pengapalan smartphone Xiaomi,” kata Harmeet yang dihimpun KompasTekno, Jumat, 30/7/2021.

TRENDING :   Gratis! Kode Redeem FF (Free Fire) Berisi Skin Scar Blood Moon

Asia Tenggara dan kawasan Eropa sendiri merupakan pasar yang tumbuh paling besar seiring dengan meningkatnya permintaan perangkat kelas menengah Xiaomi pada kuartal kedua tahun 2021.

Di bawah ini adalah daftar 5 produsen smartphone global teratas pada Q2 2021 menurut Counterpoint Research.

  1. Samsung tetap di posisi pertama dengan 58 juta unit smartphone dan pangsa pasar 17,6 persen.
  2. Di posisi kedua, Xiaomi mencatatkan 53 juta pengapalan smartphone dan menguasai pangsa pasar 16,1%.
  3. Apple menjual 49 juta smartphone dengan pangsa pasar 14,8%.
  4. Oppo berada di peringkat keempat dengan 34 juta pengiriman, dan Vivo yang berada di urutan kelima dengan pangsa pasar 10,3 persen, terikat erat dengan Oppo. Jumlahnya mencapai 33 juta smartphone dengan pangsa pasar 10 persen.
  5. Vendor lain seperti OnePlus, Realme dan Lenovo masuk dalam kategori Lainnya, dengan 103 juta smartphone terjual pada kuartal kedua tahun 2021 dengan pangsa pasar 31,3%.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *