Asuransi Perjalanan Kartu Kredit. Sudah Pakai Asuransi Ini?

Tahukah Anda bahwa kartu kredit memiliki asuransi perjalanan? Melindungi pemegang kartu kredit dalam perjalanan domestik dan internasional.

Dengan demikian, kartu kredit tidak hanya sebatas layanan tarik tunai, cicilan tanpa bunga dan lain-lain, tetapi juga menawarkan asuransi perjalanan.

Anda bisa mendapatkan asuransi terhadap kecelakaan perjalanan, ketidaknyamanan perjalanan (penundaan atau pembatalan perjalanan, penundaan bagasi) dan situasi lainnya.

Penawaran asuransi perjalanan ini sebenarnya bukan hanya untuk kartu kredit turis. Ada juga kartu kredit non-perjalanan. Besaran jaminan atau ganti rugi yang diberikan oleh bank penerbit berkisar antara jutaan hingga miliaran rupiah. Ini sangat menguntungkan, tetapi Anda harus waspada dengan asuransi perjalanan kartu kredit.

Berikut informasi yang diambil dari situs Cermati.com:

1. Syarat dan Ketentuan

Beberapa penerbit kartu kredit telah mempermudah asuransi perjalanan tanpa biaya tambahan. Namun, ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk menggunakan hak ini.

Pelanggan biasanya diminta untuk menukarkan sejumlah tertentu. Misalnya, membeli tiket pesawat dengan kartu kredit dengan minimal transaksi Rp 5 juta.

Oleh karena itu, cari tahu syarat apa yang ditetapkan bank penerbit untuk mendapatkan manfaat asuransi perjalanan ini.

Dengan begitu, alat ini tidak akan terbuang percuma dan bisa Anda nikmati nanti saat berpergian. 2. Jumlah uang pertanggungan Setiap bank penerbit menetapkan jumlah pertanggungan atau kompensasi asuransi yang berbeda.

Itu juga tergantung pada jenis kartu kredit seperti platinum dan premium. Rp 250 juta hingga Rp 7 miliar untuk pemegang kartu dan keluarganya.

TRENDING :   Rekomendasi Masker Organik Untuk Remaja Yang Patut Dicoba

2. Jumlah uang pertanggungan

Setiap bank penerbit menetapkan jumlah pertanggungan atau kompensasi asuransi yang berbeda. Itu juga tergantung pada jenis kartu kredit seperti platinum dan premium. Rp 250 juta hingga Rsp7 miliar untuk pemegang kartu dan keluarganya.

3. Prosedur Pengajuan Klaim

Untuk setiap produk asuransi, penting untuk mengetahui cara mengajukan klaim ke bank penerbit. Dengan begitu, ketika terjadi kerugian dalam perjalanan, klaim asuransi Anda dapat dibayarkan sesuai dengan polis. NS

Prosedur aplikasi umum adalah mengisi formulir aplikasi dan mengisi dokumen yang diperlukan (paspor, konfirmasi alasan dan kronologi acara, fotokopi tiket perjalanan, dll.). Bank kemudian akan menganalisisnya.

Jika disetujui, jumlah yang dijamin akan dibayarkan.

4. Asuransi perjalanan dengan kartu kredit.

Selain informasi mengenai biaya yang ditanggung oleh asuransi perjalanan, Anda juga harus mengetahui daftar kerugian dan kerusakan yang tidak ditanggung.

Ini penting untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan. Misalnya, kehilangan atau kerusakan yang tidak terungkap disebabkan oleh kerugian atau kehilangan harta benda yang disengaja, misterius, tidak dapat dijelaskan, dan sebab lain atau sebagai akibatnya.

5. Asuransi perjalanan berlaku.

Asuransi perjalanan kartu kredit biasanya diberikan selama 30 hari. Apalagi asuransi tersebut sudah tidak berlaku lagi.

TRENDING :   Begini Cara Memilih Produk Asuransi yang Tepat!

 

Jika Anda masih ingin menggunakan alat ini, Anda perlu memperluasnya. Dengan biaya tambahan tentunya. Namun kembali ke kebijakan masing-masing bank penerbit.

Ada bank yang memberikan tanggal kadaluarsa lebih lama. Anda harus bertanya kepada bank tentang hal itu sehingga dapat menggunakannya dengan lebih jelas dan fleksibel.

1. Batas Pertanggungan

Dibandingkan dengan asuransi perjalanan umum, asuransi perjalanan kartu kredit tidak kalah lengkapnya. Namun, batas garansi yang diberikan lebih sedikit.

Ini berarti, misalnya, jika terjadi kecelakaan, Anda mungkin dapat membayar selisihnya dengan biaya Anda sendiri. Sebaliknya, siapkan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan sebagai pelengkap.

2. Premi Dibayar

Asuransi perjalanan dengan kartu kredit adalah fitur opsional yang memungkinkan Anda memanfaatkannya tanpa biaya tambahan.

Ini sangat bersalju, bukan? Berbeda dengan asuransi perjalanan biasa. Anda harus membayar sejumlah tertentu untuk mendapatkan perlindungan perjalanan.

3. Batasan usia pemegang polis

Asuransi perjalanan kartu kredit menetapkan batas usia bagi nasabah atau pemegang polis tergantung pada jenis kartu kredit yang digunakan.

Beberapa telah menetapkan batas usia pada 75. Dengan asuransi perjalanan umum hingga 85 tahun.

4. Durasi

Asuransi perjalanan kartu kredit memiliki durasi yang lebih singkat, yakni 30 hari. Asuransi perjalanan umum hingga 90 hari.

Jika Anda ingin bepergian lebih lama, asuransi perjalanan umum mungkin berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *