Simak Apa itu Hosting, Serta Fungsi dan Cara Kerja Hosting

Hosting adalah layanan online yang digunakan oleh pengguna untuk mengelola data situs atau aplikasi web dan dilihat melalui Internet. File website yang disimpan di hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (database). Saat Anda menjelajahi Internet dan memasuki sebuah situs, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengetikkan nama domain Anda atau kata kunci tertentu pada halaman di mesin pencari seperti Google.

Link Download 5 Aplikasi Penghasilkan Uang

1. Aplikasi Halo

Anda dapat mengunduh aplikasi Helo langsung dari Download Aplikasi Disini.

DOWNLOAD

2. Aplikasi LIKEit

Download aplikasinya dengan klik link ini Download Aplikasi Disini.

DOWNLOAD

3. Aplikasi Snack Video

Download aplikasi Snack Video klik [Download Aplikasi Disini]

DOWNLOAD

4. Aplikasi VidNow

Mengunduh dan menginstal aplikasi VidNow melalui tautan Download Aplikasi Disini.

DOWNLOAD

5. Aplikasi Indo Today

Download Aplikasi Indo Today Klik Download Aplikasi Disini.

DOWNLOAD

 

Jika Anda masih bingung, kami akan membandingkan situs dengan rumah. Hosting bertindak seperti membangun tanah. Dalam hal ini, domain dan IP (Internet Protocol) adalah alamat rumah. Oleh karena itu, fungsi nama domain adalah untuk mengidentifikasi situs web sedemikian rupa sehingga tidak terjadi lagi dan benar-benar unik. Oleh karena itu, tujuan penggunaan hosting adalah untuk menyimpan informasi dan data milik situs.

Fitur Hosting
Hosting memiliki banyak kegunaan yang dapat Anda manfaatkan saat mengembangkan situs web untuk kebutuhan pribadi dan perusahaan Anda. Di bawah ini adalah beberapa fitur menggunakan hosting, antara lain:

1. Membuat halaman situs web
Yang pertama tentu saja digunakan untuk membuat website yang menyimpan banyak informasi dan dokumen tentang pengguna atau bisnis. Dengan demikian, ketika menggunakan paket hosting, halaman web Anda akan muncul di mesin pencari dan dengan demikian dapat diakses oleh banyak pengunjung melalui internet.

TRENDING :   Menggunakan Hosting Terbaik Untuk Website

2. Pengembangan situs web untuk jual beli di Internet
Jika Anda ingin membuat website toko online atau yang biasa disebut dengan e-commerce, Anda harus menggunakan hosting agar setiap informasi yang Anda tambahkan dapat terindeks dan terbaca oleh mesin pencari. Pengembangan website untuk toko online dapat menarik konsumen besar dan website Anda lebih dikenal masyarakat umum.

3. Buat alamat email profesional.
Fungsi ketiga adalah untuk membuat email profesional, lebih dikenal sebagai alamat email perusahaan atau nama domain Anda sendiri. Tentunya tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan terlihat lebih profesional. Misalnya support@domain_anda.com, pastikan Anda memiliki domain dan hosting sebelum mengirim email.

4. Kemampuan untuk melindungi situs menggunakan SSL.
Fungsi kedua adalah untuk melindungi situs dari serangan berbahaya, virus, serangan DDOS tertentu atau spam. Untuk itu, Anda dapat menginstal SSL (Secure Socket Layer) agar situs Anda lebih aman dan optimal dengan dukungan hosting.

Jenis Hosting Web
Setelah membahas beberapa fitur yang dimilikinya, masuk ke topik tentang jenis-jenis web hosting.

1. Hosting awan
Cloud hosting saat ini adalah paket yang paling banyak diminati karena tidak ada waktu henti. Cloud hosting menggunakan sekelompok server dengan file dan sumber daya yang digandakan di setiap server. Jadi, ketika salah satu server Anda sibuk, lalu lintas situs web Anda akan secara otomatis dialihkan ke server lain di cluster.

TRENDING :   Apa itu Hosting, Server, dan Domain?

2. Hosting khusus
Dedicated Hosting adalah paket server yang memberi Anda kendali maksimal atas layanan hosting yang digunakan di situs web Anda. Ini cukup fleksibel untuk digunakan sendiri, selain dapat bekerja antara sistem operasi dan perangkat lunak yang akan digunakan.

3. Hosting bersama
Hosting bersama adalah jenis paket hosting tradisional yang berbagi server untuk beberapa pengguna berbeda berdasarkan kebutuhan server. Keunggulan layanan ini adalah harganya yang terjangkau dan sangat cocok untuk menjalankan website atau blog sederhana.

4. Hosting VPS
Server pribadi virtual atau hosting VPS adalah campuran atau jalan tengah antara dedicated dan cloud hosting. Di mana pengguna dapat menggunakan fitur serupa ke dedicated server dengan harga yang sama seperti paket cloud hosting. Hosting VPS sangat cocok untuk kebutuhan situs web dengan lalu lintas tinggi.

5. Hosting WordPress
Dan jenis terakhir adalah WordPress hosting, yang merupakan paket shared hosting lain yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Server ini hadir dengan fitur add-on pre-installed dengan konfigurasi yang sangat optimal. Paket-paket ini juga sering menyediakan fungsionalitas tambahan seperti tema, pembuat halaman seret dan lepas yang telah dirancang sebelumnya, dan alat pengembang yang lebih khusus.

Cara Bekerja Hosting
Cara kerja paket hosting dimulai dengan perusahaan hosting menyediakan ruang di server yang menyimpan aset dan data untuk kebutuhan situs web. Saat pengguna mengetik nama domain situs web ke dalam browser, host mengirimkan file yang dibutuhkan untuk mengakses situs web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *